Sabtu, 04 Juli 2015

Berbeda Itu Baik (Part 1) Jengkol, “Pesona” Membawa “Luka”

Halo guyss.. *so akrab*
Apa kabar kalian di sana? Tentunya baik-baik saja kan? Semoga kesehatan dan kebaikan selalu tercurah dari Tuhan Yang Maha Esa kepada kita semua ya.. aamiin..*so religius*
Kali ini ane mau sedikit bercerita perihal rasa bangga ane dari negeri kita yang tercintah ini.. Sebenernya ane gak pandai merangkai kata apalagi merangkai kata buat hati *gak nyambung*. Tapi gegara ada Blog Competition  yang digelar ama Djarum, kali ini ane bakal sekuat tenaga dengan stamina 45 yang membara ini, bakalan ngikutin lomba ini sampe ane menang *aamiin*. Apalagi tau hadiahnya jalan-jalan ke Pulau Derawan yang ane aja kagak tau itu tempat dimana dan bagemana, yang penting ane bakalan lebih bersungguh buat menangin ini lomba. Yah meskipun sebenernya ane bisa pergi kesana pake duit ane sendiri *sombong*, tapi itu uang mau ane pake buat bayar skripsi ntar, jadi sekarang ane cari yang gratisan dulu aja yeeh (derita mahasiswa tingkat akhir)..
Rasa bangga yang ane rasain buat Indonesia itu baaaaanyaaaaak..... bingiiiiiiiiiiits...... (bingits merupakan kata pengganti dari kata banget), tau sendiri negara kita ini merupakan gugusan kepulauan, yang terdiri lebih dari 18 ribu pulau besar dan pulau kecil, maka gak heran sih banyak kekayaan Indonesia yang patut dibanggain ama kita.
peta-indonesia
Apalagi kita nih generasi penerus bangsa yang nantinya bakalan ngurus ini negara. Wiiiiidddddiiiih asik bener yak perkataan ane, kaya pidato kepala sekolah lagi upacara tiap senen.. (`o`)7 . Nah cuma buat tulisan kali ini, ane mau cerita segelintir kekayaan yang dimiliki ama Indonesia yang ngebuat ane, tambah bangga aja ama ini negara. Sebenernya ane mau cerita banyak, cuma takutnya panjang bingits, bisa-bisa dijadiin buku, kaya bukunya Harry Potter ampe 7 chapter kali yak.
Buat postingan yang pertama, ane mau bahas kuliner. Seperti yang sudah kita ketahui (logat dosen kalo lagi ngerangin di kelas) Indonesia mempunyai segudang kuliner yang mantap dan sedap bila kita santap. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memiliki kuliner, yang masing-masing kuliner tersebut memiliki ciri khas. Tapi buat kali ini, ane ga bakalan ngebahas semua makanan itu, yakali mau sepanjang apa ini blog kalo ane bahas begituan.
Makanan yang bakalan ane bahas yakni... taaat taaaraaa..taataaaaaaa *back sound* *biar tegang dikit* JEEENGKOOOOLLL.. yeeeeaaahhh *keprok barudaaak* *prok prok prook*. Yak, seperti yang kita tau nih guys (biar tambah akrab manggil guys) JENGKOL adalah makanan, yang dimana orang-orang Indonesia tuh demen banget makannya, sampe-sampe ada pepatah “Lauk Pauk Tanpa Jengkol, Bagai Pungguk Merindukan Bulan” (peribahasa asal) *jangan ditiru*.

Lord-Voldemort

Jengkol merupakan lalaban, yang sering kita jumpai diberbagai rumah makan, mulai dari rumah makan khas Sunda, Betawi, Padang, Menado (iya ga sih), sampai Papua (ngasal banget). Biasanya jengkol ini kalo ga dimakan langsung pake sambel, bisa juga diolah dengan menggunakan bumbu-bumbu yang lain, seperti semur, balado, rica-rica, taliwang, dabu-dabu, bumbu bali, bahkan rendang, atau mungkin bisa juga menambahkan sedikit perasan Buah Merah dari Papua (ilmu pribadi, jangan ditiru).

Jengkol Balado

Bahkan, Jengkol bisa dijadikan sambal looohh, tau kan, orang Indonesia kalo makan paling ga bisa gak pake sambel, nah ini ada inovasi baru loh guys sambel jengkol hahaha,, praktis banget kan, makan sambel tapi udah ada lalabannya... penasaran? nih ane kasih link nya, sekalian tutorial "How To Make Sambal Jengkol ".. cekidooot..
Sebelum ane lanjut, ane mau tanya dong ke pembaca semua, kira-kira kalian BANGGA ga sih dengan adanya jengkol di negara kita? Kalo ane sih bangga, kenapa? karena ga semua negara di dunia bisa budidaya jengkol di negaranya, mungkin karena alasan BAU yang diakibatkan setelah memakan jengkol ini, sehingga orang di luar sana enggan untuk mengkonsumsinya. Nah, tapi menurut ane, bagian inilah yang menjadi keunikkan dari bangsa Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain. Disaat orang lain menghindari jengkol, orang Indonesia malah "berteman" dengan jengkol hahahahaha *ketawa ga santai* tapi inilah yang menjadi alasan ane salut dan bangga ama negara.
Jengkol, Enak dan Berkhasiat
Tapi pernah ga sih kalian tau manfaat dari jengkol itu sendiri apa? Jengkol sendiri terdiri dari berbagai vitamin, asam jengkolat, mineral, dan serat yang tinggi. Jengkol memiliki khasiat diuretic yang dapat membantu melancarkan pembuangan urine, dan hal ini sangat menguntungkan bagi penderita penyakit jantung koroner (ini ngutip dari web orang, sumber jelas dan terpercaya, bukan ilmu pribadi). Kalo bisa dibandingkan dengan makanan dari luar negeri, jengkol menurut ane sebanding ama yang namanya Jamur Shitake dari negeri Matahari Terbit itu loh... (Negeri Jepang kalo kalian ga tau).
Jamur Shitake asal Jepang
Jamur Shitake asal Jepang

Kenapa ane bilang gitu, karna pernah nih ane sekali-kalinya dateng ke rumah makan Jepang (jangan sebut merk, sebut saja rumah makan XYZ), itu rumah makan, serba nyediain makanan khas Jepang, semua komplit tuh disana, mulai dari sushi, shabu-shabu, okonomiyaki dan sebagainya. Dan lagi harganya, dari harga yang paling murah, sampe yang paling mahal ada disana, untung aja ane makan disana gratisan, kalo ngga kayanya ane gadein tuh hp disana. Balik ke topik perbincangan, nah ane disana nyobain tuh yang namanya jamur Shitake, diiiih itu jamur rasanya mirip banget ama jengkol. Dari tekstur, rasa, dan bentuknya pun hampir mirip ama jengkol.. *udah kaya acara kuliner*.

Hasil Snapshot Emak Ane Ketika Ane Makan Jengkol Di Deket Sawah Saat Liburan :( *muka ane kaya kresek*
Hasil Snapshot Emak Ane Ketika Ane Makan Jengkol Di Deket Sawah Saat Liburan *muka ane kaya kresek*
Guys, asal kalian tau aja nih ya, ane juga suka jengkol, apalagi kalo uda di semur, tapi ane juga kalo makan tau diri sih, gak banyak-banyak lah, asal mencukupi perut... *sama aja banyak* uda gitu ane makannya kalo cuma hari libur doang, taulah “efek” yang diakibatkan jengkol bagemana, bisa-bisa semua orang yang dipinggir ane kelabakan karena “pesona” yang diakibatkan jengkol ini, gak enak kan, ane udah cakep-cakep gini dijauhin ama fans ane :'(
 Nah, tapi jangan takut nih guys, ane punya beberapa TIPS supaya mulut ente kagak bau setelah makan Raja Lalaban ini, catet baik-baik, bila perlu jadiin wallpaper HP ente, jadi setiap ente beres makan jengkol, terus buka HP, keliat deh tips dari ane, nih tipsnya..
1. Ente ambil satu sendok makan (jangan sendok semen, karena kebanyakan) kopi hitam. Kopi biasa aja yang sasetan, jangan juga kopi Luwak, karena kemahalan, tapi kalo ente sanggup gak apa-apa. Terus ente kunyah sesendok kopi itu, nah kalo  udah agak seret coba gosok-gosok pake telunjuk sendiri (jangan pake yang orang lain karna jorok!) ke seluruh permukaan gigi, setelah itu kumur-kumur, lalu muntahkan. Inget JANGAN DI MAKAN karena ente bukan goib atau karuhun yang biasa makan kopi item.
2. Cara kedua, ambil 3-5 helai daun sirih, tau kan dauh sirih? itu itu yang biasa di pake emak-emak  buat....(plis jangan diterusin). Nah, uda gitu ambil segelas air putih. Kemudian, didihkan air beserta daun sirih itu, setelah air itu surut sampai setengah, diginkan, setelah di dinginkan, air tersebut bisa dipakai untuk kumur-kumur.
3. Mungkin cara ini yang paling simple bingits, dan yang paling ane syuka, yakni beli permen coklat, atau yang paling bagus sih coklat murni ya yang murah aja, yang Rp. 500.00 kalo ada, terus makan deh coklat atau permen coklat tersebut, Insha Allah baunya sedikit berkurang. Oh iya, biar lebih afdol baunya ilang, kalo bisa setiap ente habis makan jengkol ini, sikat gigi deh, biar ga terlalu bau. Kalo bisa sih bawa aja itu sikat gigi beserta odolnya, jika kalian berniat makan jengkol di luar (rumah makan) (tips yang ribet).
 SELAMAT MENCOBA



Boleh Di Klik

tips-bau-mulut_2
Nah daripada kalian mahal-mahal atau jauh-jauh ke Jepang cuma buat ngerasain Jamur Shitake doang, mending kalian pergi dah ke rumah makan Sunda, biasanya sih banyak juga yang sediain Jengkol buat hidangannya. Belum lagi lidah kalian semua kan ga selalu cocok ama makanan luar, mending cocokin dulu deh ama makanan sendiri hehehe *belaga orang kaya*. Nih ya ane tambahin lagi, JENGKOL itu LEBIH ENAK dibanding Jamur Shitake looohh.. *ngomporin* *fakta*. Jangan malu buat MENCOBA JENGKOL ini, meskipun memberikan "LUKA" pasti dia memberikan pengalaman yang berarti juga. Udah coba aja dulu, kalo emang memberikan efek, kan ane udah kasih tau tuh tips jitu buat menghilangkan bau jengkolnya. HAHAHA. Selamat Mencoba!!

obama
Mau bukti dari orang lain? Nih ada testimoni dari artis Indonesia. Gile ga tuh, Artis Indonesia aja doyan makan jengkol. Ga percaya?. #kuliner #banggajengkol #BanggaIndonesia
Banyak hasil kuliner Indonesia yang gak kalah nikmat bila disaingkan ama kuliner khas dari negara lain. So’ tunggu apalagi, daripada kalian makan-makanan dari negara orang, ada baiknya nih guys  kalo kita semua makan-makanan negeri sendiri dulu, selain memperkaya wawasan kita mengenai makanan negeri sendiri, itu juga merupakan salah satu cara untuk kita, untuk mulai mencintai negeri sendiri. Indonesia memiliki banyak sekali potensi yang PATUT DIBANGGAKAN daripada harus MEMBANGGAKAN NEGERI ORANG LAIN. BANGGA INDONESIA!!! (diselingi Lagu Indonesia Raya dan diakhiri dengan Do’a).
arya2
***
Catatan Kecil : Terima kasih kepada Mbah Google atas sumber data dan foto. Semoga amal kebaikan di balas oleh Allah SWT..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar